UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Sangkuriang-Bandung. Sekretaris Dinas Psikologi Angkatan Darat (Setdispsiad) Kolonel Inf Heny Setyono, S.Psi., M.Si. memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila  tahun 2022 di Lapangan Bhinneka Madispsiad. Sabtu (01/10/2022).

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, dengan Tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” diharapkan kondisi yang dihadapi bangsa dapat segera kembali ke kondisi yang lebih baik

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat apa yang terjadi sehari sebelumnya, yaitu tindakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), untuk mengulingkan pemerintahan yang syah, dengan melancarkan aksinya dan dikenal dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S PKI), Tahun 1965,  dimana peristiwa itu menimbulkan korban petinggi TNI AD, dan oleh pemerintah mereka dianugerahkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Setiap tanggal 30 September, kita wajib memasang bendera Merah Putih dan dinaikkan setengah tiang, sebagai tanda duka Nasional, kemudian Esok harinya, atau 1 Oktober, bendera dinaikkan secara penuh, sebagai simbol kemenangan berkat “Kesaktian Pancasila” yang mampu menangkal ancaman ideologi komunis. Ideologi Pancasila tidak dapat tergantikan dengan yang lain.

Adapun yang bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) Mayor Inf  Wiji Santoso, S.Kom.

“UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA”

(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)